Jumat, 25 Desember 2015

5 lokasi wisata dengan prospek bisnis terbaik di Aceh

5 lokasi wisata dengan prospek bisnis terbaik di Aceh


Entah mengapa sangat mengherankan sekali begitu sulitkah pemerintah dan masyarakat aceh memaksimalkan keuntungan besar dan potensi seluruh lokasi wisata yang sangat luar biasa yang ada di aceh saat ini. Bagi saya jawabannya tidaklah sulit melihat besarnya potensi dan peluang yang begitu terbuka dizaman serba online ini. Salah satu yang membuat  usaha pengembangan wisata begitu sulit adalah begitu banyak program pengembangan pariwisata yang digagas pemerintah gagal mengidentifikasi bisnis besar dan kecil yang bisa diangkat terlebih dahulu dengan adanya keunikan dan potensi yang bisa dijual di masing masing daerah. Sebagai contoh yang bisa ditiru adalah bagaimana Sabang mampu menjual potensi kunjungan ke kilometer nol sebagai acuan nilai jual kesemua tamu tamu yang telah singgah ke aceh dan menjadikan sebagai proyek bisnis yang berefek besar dari mulai jajanan keliling, sewa menyewa, rumah makan, dan penginapan. Jangan berpikir dulu bagaimana menjual keunikan dan keindahan alam di daerah anda kepada para wisatawan asing tanpa mengetahui bagaimana nilai feedback yang akan kita dapat. Kalau perputaran uang yang dihasilkan dari kunjungan turis mancanegara ternyata kurang maksimal atau turis turis yang datang ternyata lebih banyak menyimpan uangnya untuk berhemat alias backpacker alangkah baiknya anda mengubah haluan strategi penjualan paket wisata anda dengan target yang berbeda, kreatif dan luas.

Berikut 5 lokasi wisata dengan prospek bisnis terbaik di Aceh disusun berdasarkan peringkat :

1. Pengembangan wisata Pulau Banyak
Sangat disayangkan memang, lokasi wistata seindah ini dengan sejuta potensi yang dimiliki ternyata jauh ditinggal pesat oleh saudaranya Pulau Sabang. Ada apa???? Satu satunya jawaban pastinya adalah kurangnya support pemerintah kepada pelaku pelaku wisata yang diperankan oleh masyarakat lokal maupun asing. Berbeda dengan di pulau Banyak, Sabang berkembang pesat dunia pariwisatanya ternyata berbekal pada promosi intens yang baik sebenarnya diawali oleh pelaku usaha wisata itu sendiri, 

Ini terbukti lebih ampuh dan terpenting adanya dorongan penuh pemerintah melalui infrastruktur dan suguhan konsep penyajian media promosi disetiap port persinggahan di semua pintu masuk arus perjalanan wisata yang dilakukan oleh Badan Pengembangan kawasan Sabang yang mewakili pemerintah. Maka lahirlah pelaku usaha semacam (almarhum) Pak Doden, diikuti pengusaha keturunan china Pak Thomas (pemilik Mie Sedap dan hotel Thomas), dan Penginapan Sumur Tiga Pak Freddy dan lain lain.  Cara ini bisa ditiru untuk pengembangan wisata pulau Banyak yang terkenal dengan ombak yang bergulung yang digilai oleh pecinta surfing seluruh dunia. Jadi identifikasi saja dulu pelaku usaha besar atau kecil yang sedang bermain dan menikmati keuntungan di bisnis khusus penggila surfing (berselancar). Dan beri insentif yang khusus buat pelaku usaha asing yang berada disana. 

Untuk menjaring jumlah kunjungan agar lebih pesat jangan terpaku pada jumlah kunjungan dari mancanegara tapi cobalah ajak pelaku usaha lokal mengintensifkan layanan jasa jasa yang mendukung wisata lokal dan asing misalnya pengusaha transportasi, penginapan, agen perjalanan, jasa pelatihan surfing (berselancar) dan lain lain. Jikalau pemerintah sudah mengidentifikasi, memperbaiki infrastruktur yang layak berupa jalan, listrik dan sinyal telekomunikasi dan menyusun rencana kedepan untuk pengembangan bisnis yang tepat sesuai dengan keunikan yang bisa dijual, maka tidak salah saya tempatkan lokasi wisata pulau Banyak diurutan pertama sebagai destinasi berprospek terbesar untuk meraup untung.

2. Wisata Kota Sabang
Lokasi wisata kota Sabang saat ini masih yang terbaik dalam hal infrastruktur dan manajemen pemasarannya. Namun bagi anda pelaku usaha yang tertarik mengembangkan bisnis wisata di pulau ini dibutuhkan modal usaha yang besar, berpengalaman dalam hal agensi, dan layanan tourism yang baik, Standar biaya yang tinggi dan harga lahan lokasi usaha yang tergolong tinggi menempatkan lokasi wisata ini di urutan kedua untuk memulai bisnis. Namun bila anda ingin menginvestasikan dana anda untuk memulai bisnis wisata di kota Sabang maka saya sarankan carilah lokasi atau tempat di seputaran teupin layee Iboih dan Gapang. Walaupun harga tanah disana gila gilaan namun sangat berprospek untuk meraih untung besar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar